Rabu, 21 November 2012

MOBIL HYBRID

Pemanfaatan yang terbaik dari kedua dunia
Sistem Hybrid menggabungkan kelengkapan terkuat dua jenis sumber daya - motor listrik dan mesin pembakaran internal. Untuk mengerti lebih jauh bagaimana teknologi Hybrid memanfaatkan kedua dunia tersebut, kita bandingkan bagaimana sebuah mobil konvensional dan mobil listrik bekerja.

 

Mobil Konvensional
Mobil konvensional mengandalkan sumber tenaganya dari bahan bakar, seperti bensin, solar, atau gas untuk bergerak. Pemanfaatan mesin pembakaran internal, tenaga dari hasil pembakaran bahan bakar dimanfaatkan dan diubah menjadi gerakan, yang mampu menggerakkan mobil. Walaupun secara umum menunjukkan kinerja yang baik dengan harga yang murah, mobil konvensional mengeluarkan emisi gas buang yang tinggi dan menciptakan polusi yang banyak dan terus menghabiskan sumber daya alam.

 

Mobil Tenaga Listrik
Mobil tenaga listrik tidak membutuhkan apapun dari pembakaran. Listrik diubah menjadi tenaga melalui motor listrik, untuk menggerakkan mobil. Sekalipun mobil bertenaga listrik ini ramah lingkungan, tidak bising dan memiliki akselerasi yang baik, dia membutuhkan pengisian dan infrastruktur yang tepat. Hal ini membuat mobil bertenaga listrik menjadi tidak praktis..

Mobil Hybrid
Mobil hybrid menggunakan kombinasi dari motor listrik dan pembakaran di mesin, dengan memaksimalkan kekuatan dari kedua sumber daya tersebut disamping saling mengisi kekurangannya. Hasilnya adalah efisiensi konsumsi bahan bakar dengan performa yang luar biasa.

Fitur Utama dari Kendaraan Hybrid
• Efisiensi Bahan bakar yang lebih besar
• Emisi yang lebih rendah
• Pengurangan energi yang terbuang dan regenerasi energi


Sistem Hybrid yang menggabungkan motor listrik dan pembakaran di mesin menghasilkan tenaga yang berasal dari dua sumber daya. Ini berarti bahwa, mesin pembakar internal membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih sedikit untuk mencapai jarak yang sama. Berarti, kendaraan Hybrid memiliki efisiensi yang lebih baik jika dibandingkan dengan mobil konvensional.

Tipe dari Sistem Hybrid.
Secara garis besar ada tiga tipe dari Sistem Hybrid.
  • Series Hybrid System
  • Parallel Hybrid System
  • Series Parallel Hybrid System

Series Hybrid System
  • Sistem Hybrid secara Series atau Series Hybrid System terdiri dari pembakaran internal di mesin yang membakar bensin, solar atau gas. Dengan semua komponen yang saling terhubung secara seri, system ini disebut Series Hybrid System (Mesin pembakar internal membakar bahan bakar)
  • Pembakaran pada ruang mesin terhubung dengan sebuah generator untuk mengubah tenaga yang dihasilkan mesin menjadi tenaga listrik yang disimpan ke sebuah aki (Energi disalurkan melalui generator untuk mensuplai tenaga listrik untuk aki)  
  • Tenaga listrik yang tersimpan di aki dialirkan melalui sebuah alat yang dinamakan inverter atau pembalik untuk menyalurkan tenaga ke sebuah motor listrik sehingga mampu menggerakkan roda kendaraan (Aki member tenaga pada motor listrik)
  • Pembakaran yang terjadi di mesin dapat menghasilkan tenaga ke motor listrik untuk menggerakkan mobil, yang tidak cukup apabila hanya mengandalkan tenaga dari aki. Oleh karena itu, konsumsi bahan bakar yang digunakan-pun menjadi sedikit untuk mampu menggerakkan mobil. Sistem ini sangat cocok untuk konsumsi bahan bakar yang irit, tapi tidak untuk kehandalan performa.
  • Series Hybrid System membutuhkan motor listrik yang berat dan mahal untuk mampu mencapai performa hybrid yang standar. Maka dari itu, system ini sangatlah ideal untuk sebuah mobil yang hanya mengutamakan efisiensi bahan bakar daripada kehandalan performa (Bahan bakar efiosien tapi performa kurang).   

Parallel Hybrid System
  • Pada parallel system, pembakaran di ruang mesin merupakan penghasil tenaga utama, sedangkan tenaga aki merupakan tenaga pendukung. Oleh sebab itu, pengefisienan bahan bakar adalah dengan cara membatasi konsumsinya (kepercayaan yang tinggi akan mesin pembakar internal, mengakibatkan keterbatasan dari efisiensi bahan bakar).
  • Sistem ini menggunakan mesin pembakaran internal dan sebuah motor listrik untuk menggerakkan kendaraan. Untuk kendaraan yang memiliki dua sumber tenaga yang terhubung secara parallel, system ini dinamakan Parallel Hybrid System (motor listrik dan mesin pembakaran internal menyediakan tenaga secara bersamaan)
  • Dalam Parallel Hybrid System, motor listrik juga berfungsi sebagai generator sehingga ketika motor listrik digunakan, aki tidak dapat melakukan pengisian.
  • Motor listrik berubah fungsi menjadi generator saat pengisian. Pengisian aki hanya dapat dilakukan pada saat mobil tidak menggunakan tenaga listrik untuk bergerak, tetapi menggunakan tenaga yang dihasilkan dari pembakaran yang terjadi pada mesin (pada saat aki diisi, ia tidak dapat mensuplai energy ke motor listrik untuk menggerakkan mobil)
  •  Parallel Hybrid System memiliki keterbatasan jika dikaitkan dengan efisiensi penggunaan bahan bakar, karena pembakaran pada ruang mesin merupakan penghasil tenaga yang utama.

 

Series Parallel Hybrid System
  • Dengan menggabungkan kedua system diatas maka terciptalah Series Parallel Hybrid System, sebuah system yang merupakan dari mobil Toyota Hybrid System.
  • Toyota Hybrid System memungkinkan sumber tenaga menjadi paling fleksibel dan optimal sehingga mampu mencapai tingkat efisiensi maupun tingkat kehandalan performa yang mengagumkan (Toyota Hybrid System menyediakan penggunaan yang optimum dari motor listrik dan mesin bakar).
  • Toyota Hybrid System merupakan suatu system unik karena memiliki generator atau pembangkit listrik khusus dan alat pembagi tenaga.
  • Alat pembagi tenaga ini mampu menyalurkan tenaga yang dihasilkan oleh pembakaran pada ruang mesin untuk menggerakkan roda secara langsung atau sebagai sumber tenaga bagi motor listrik untuk melakukan pergerakan, tergantung dari kondisi berkendara. Hal ini memungkinkan kedua sumber tenaga tersebut bekerja seefisien mungkin.
  • Pada saat terjadi perubahan kecepatan, dari kecepatan rendah ke tiinggi, kendaraan dapat melaju meskipun hanya menggunakan tenaga listrik saja. Dan ini menghasilkan efisiensi yang besar.
  • Dengan sebuah generator atau pembangkit listrik khusus, tenaga listrik yang dihasilkan dapat digunakan untuk mengisi aki melalui alat pembalik atau inverter. Sistem unik yang hanya terdapat dalam Toyota Hybrid System membuat Toyota Hybrid System menjadi system yang sangat efisien.
  • Keunikan lain dari Toyota Hybrid System adalah ketika melakukan akselerasi atau percepatan secara mendadak. Tenaga yang dihasilkan dari pembakaran pada mesin atau pada aki dan tenaga listrik mampu menghasilkan kehandalan performa yang maksimal.
  • Series Parallel Hybrid System yang terdapat pada Toyota Hybrid System merupakan system yang unik karena mampu memberikan tingkat efisiensi dan kehandalan performa yang mengagumkan.

Keunggulan Mobil Hybrid
  • Efisiensi Bahan Bakar
  • Kebersihan
  • Kesenyapan
  • Kepuasan Mengemudi


http://www.piknikyu.com/vendor/transportasi/jakarta/20101015160553/Apa-Itu-Mobil-Hybrid-Toyota-Menjelaskannya
http://rizkibeo.wordpress.com/2008/10/13/tentang-mobil-hybrid/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar